Apa Itu Collagen?

Apa itu collagen
Akhir-akhir ini ini banyak beredar suplemen kecantikan yang katanya mengandung collagen, bagi sebagian besar wanita mungkin telah tahu apa itu collagen dan apa manfaatnya untuk tubuh terutama untuk kecantikan, Namun tidak sedikit pula yang belum tahu apa itu collagen. Berikut ini ulasan singkat mengenai collagen.

Apa Itu Collagen / Apa Itu Kolagen
Collagen adalah sejenis protein yang ditemukan pada jaringan ikat di tubuh mamalia, termasuk manusia yang merupakan salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaannya adalah kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh. Dia adalah struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Sehingga Collagen dapat juga disebut sebagai “lem” tubuh, karena merupakan komponen protein pembentuk struktur kulit, otot, dan pembuluh darah yang berbentuk serat tripel heliks.
Sebagai catatan bahwa lebih dari 30% protein di dalam tubuh anda adalah collagen, dan lebih dari 70% protein di dalam tulang, kulit, rambut dan kuku adalah collagen, sehingga dapat dibayangkan betapa pentingnya collagen untuk tubuh terutama dalam perawatan kecantikan. Collagen merupakan struktur organik pembangun tulang, gigi, sendi, otot, dan kulit. Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan terutma sifat kelenturannya terhadap tulang. Bilamana produksi kolagen menurun seiring dengan bertambahnya usia, dampaknya adalah meningkatnya proses kulit menjadi kering serta berkurangnya sifat elastisitas kulit. Lapisan dermis inilah yang bertanggung jawab akan sifat elastisitas dan kehalusan kulit yang merupakan kunci utama untuk disebut awet muda serta memiliki kulit indah.
Masalah timbul apabila manusia semakin tua, kandungan kolagen di dalam badan semakin berkurangan. Pengurangan inilah yang menyebabkan kulit menjadi berkerut. ketika Produksi Kolagen mulai menurun, maka akan timbul penuaan, muncul garis-garis halus dan juga kerutan. Karena Kolagen sangat dibutuhkan untuk pembentukan sel kulit baru dan proses penurunan produksi kolagen biasanya terjadi di atas usia 25 tahun, sebesar 1,5% pertahun dari dalam tubuh kolagen berkurang, sementara kolagen sangat dibutuhkan untuk tetap menjaga kekencangan kulit, mencegah penuaan dini, kulit kusam, nyeri otot, menyembuhkan kerusakan kulit, bahkan kebocoran jantung.
Kolagen bukan hanya baik dikonsumsi untuk wanita dewasa, kolagen juga baik bagi pria bahkan remaja. Seperti yang telah dikatakan sebelumnya bahwa fungsi kolagen bukan hanya pada soal kecantikan tapi juga baik bagi kesehatan. Manfaatnya tidak dilebih-lebihkan karena memang manfaat Collagen ini sangat baik bagi kesehatan tubuh anda.
Itulah ulasan singkat tentang collagen.

Baca juga >>>  6 Makanan dan Minuman yang mengandung Tertinggi

Postingan populer dari blog ini

Apa Kamu Punya Kebiasaan Gali Lubang Tutup Lubang?

TUTORIAL MEMBER AREA CAYA188

Review Caya188 Uang Crypto Indonesia